Mengatasi Uang Cepat Habis

Ada yang merasa uang sakunya cepat habis? Atau gajinya tidak cukup untuk kebutuhan sehari hari? Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan uang kita cepat habis. Gaya hidup boros? Manajemen keuangan kurang bagus? Alokasi uang berlebih di barang tersier? Atau mungkin kita tidak tahu uang kita terbelanjakan untuk apa saja?

Simpanlah sebagian dari harta kamu untuk kebaikan masa depan kamu, karena itu jauh lebih baik bagimu.


HR.Bukhori
Root Cause Problem Solving
Root Cause Problem Solving

Jika memang kenyataanya uang kita cepat habis, apalagi sampai minus, atau sering hutang, tentu ada yang salah dengan keuangan kita. Mudahnya ialah lebih besar pasak dari pada tiang, lebih besar pengeluaran dari pada pemasukan. Tentu hal ini dapat dicegah. Caranya dengan mengurangi pengeluaran atau menambah pemasukan. Jikalau kita seseorang yang mempunyai gaji tetap berarti kita harus mengurangi dan mengatur pengeluaran. Sebelum hal tersebut kita lakukan tentu perlu dilakukan pemantauan berapa pemasukan dan pengeluaran kita. Ketika kita sudah tahu, kita dapat memetakan kemana uang kita akan kita alokasikan tiap bulannya. Berapa batas pengeluaran yang kita targetkan. Fokus di barang primer, sebagian barang sekunder, atau sesekali hal-hal primer.

Hal ini ketika dibahas lebih mendalam memang kompleks. Dari boros, kita bisa membahas menabung, ketika bicara menabung, ada lagi istilah investasi, ada lagi active income, pasive income, dan lain sebagainya. Apalagi saya juga masih tahapan belajar. Ada beberapa hal yang masih belum saya pahami. Dalam kasus ini saya cecnderung ingin membahas tentang bagaimana kita memantau dan mengatur keuangan kita sehingga kita bisa tekan pengeluaran yang kita anggap tidak prioritas, sehingga ada uang yang bisa kita tabung, untuk kebaikan masa depan, seperti quote yang saya tulis diatas.

Saya pribadi menerapkan semacam laporan pertanggung jawaban arus kas saya pribadi. Jadi setiap uang yang masuk dan keluar saya catat per item. Saya berikan kategori kategori sesuai hal yang saya pergunakan. Dalam hal kebutuhan primer misalnya, saya membaginya menjadi makan, transportasi, kesehatan, dll. Untuk yang sekunder seperti nonton, nongkrong, dll. Untuk Tersier seberti gadget dll. Masing masing kategori maupun sub kategori bisa kalian sesuaikan kebutuhan masing masing.

Lalu bagaimana saya mencatat semua daftar tersebut? Tentu akan merepotkan jika kita tulis manual, apalagi zamannya sudah penuh dengan teknologi. Untuk mempermudah proses ini saya menggunakan aplikasi android yang bernama Money Manager. Anda penasaran? Berikut penjelasan lebih detailnya.

Money Manager Android

Apa yang bisa dilakukan aplikasi ini?

Mencatat pengeluaran dan pemasukkan kita dengan berbagai kategori seperti Makan Malam, Movies, Kesehatan, dll.


Mencatat transfer antar akun, sebagai contoh akun cash, untuk menggambarkan uang yang kita bawa, akun bank kita sebagai contoh “Mandiri”, untuk menggambarkan uang yang ada di bank kita. Biasa nya fitur ini saya pakai ketika saya ambil uang atau melakukan top up akun lain.


Memberikan batas maksimal tiap bulannya. Semisal kita bisa membatasi pengeluaran untuk makan.


Menampilkan diagram pengeluaran maupun pemasukkan per kategori dan sub kategori yang kita buat.


Nah, dengan contoh penggunaan aplikasi diatas, diharapkan arah kas kita tercatat dengan lengkap. Ketika pada bulan tertentu terjadi pengeluaran yang melebihi batas, paling tidak kita tahu kemana uang tersebut kita gunakan. Selain itu kita juga bisa melakukan evaluasi keungan dengan data tersebut. Sebagai contoh kita bisa membandingkan pengeluaran dan pemasukkan, apakah masih besar pasak dari pada tiang. Jika memang ada item yang harus ditekan pengeluarannya, kita bisa menambahkan fitur max budget pada sub kategori yang kita kehendai. Sehingga ketika melebihi batas aplikasi akan memberikat peringatan.

Oh ya, untuk yang versi berbayar kita juga bisa mengedit Money Manager melaui PC. Untuk panduan lebih lengkap bisa membuka tautan berikut ini.

Terima kasih, semoga bermanfaat 🙂

Sumber Gambar MenabungMoney Manager

Leave a Reply

Back to Top
%d bloggers like this: